4 Jenis Bisnis dengan Barcode System

Perkembangan teknologi semakin maju dan canggih seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini pun terjadi di hampir setiap lini kehidupan, misalnya dalam hal komunikasi antar sesama, hiburan, pendidikan, aktivitas bisnis dan lain sebagainya.

Khusus di dunia bisnis, ada beberapa aktivitas yang menggunakan system barcode untuk menjalankan operasional bisnisnya. Secara definisi, Barcode adalah susunan garis cetak vertikal berwarna hitam putih yang menyimpan data-data yang spesifik, seperti kode produksi, nomor identitas, harga jual dan lain sebagainya, yang kemudian dapat dibaca dengan alat seperti Barcode Scanner dan komputer. Lalu apa saja kah jenis bisnis yang menggunakan teknologi barcode ini?

1.    Minimarket
Minimarket Barcode

Bisnis yang menjual berbagai macam kebutuhan dengan konsep minimalis namun modern ini sering kita jumpai di beberapa sudut kota. Penggunaan system barcode tidak bisa lepas dari jenis usaha ini. Karena untuk mengidentifikasi setiap produk yang dibeli oleh customer,  sang kasir dapat dengan mudah menghitung harga belanjaan customernya dengan menggunakan barcode scanner, thermal printer dan mesin kasir.

2.    Apotek
Bisnis Apotek

Sama halnya dengan minimarket, apotek merupakan sebuah tempat yang sering kita jumpai di berbagai tempat. Tempat tersebut menjadi solusi untuk mereka yang membutuhkan obat-obatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang diderita.

Di bidang farmasi, penggunaan sistem barcode pada setiap produk berupa obat-obatan yang mereka jual kepada pasien menjadi suatu hal yang wajar. 

3.    Toko buku
Toko Buku

Meskipun minat baca di negeri ini lebih kecil dari negara lainnya, namun itu semua tidak menghalangi kehadiran toko yangmenjual berbagai macam buku. Gramedia dan Toko Gunung Agung merupakan dua bookstore yang paling dikenal di Indonesia. Keduanya tidak hanya menjual buku bacaan, namun juga peralatan tulis atau stationery.

Sama dengan minimarket dan apotek, toko buku menggunakan system barcode di setiap buku atau produk yang dijualnya.

4.    Event Organizer
Event Organizer

Bisnis Event Organizer merupakan jenis bisnis yang cukup subur dan menguntungkan di Indonesia. Meskipun tidak seperti ketiga jenis bisnis di atas yang menjual barang, namun bisnis ini juga terkadang membutuhkan sistem barcode untuk aktivitas tertentu, salah satunya adalah sistem ticketing pada acara konser dan seminar.
Sebuah sistem dan teknologi yang dibuat oleh manusia diciptakan untuk mempermudah aktivitas mereka sehingga lebih efektif dan efisien. Bukan hanya sistem barcode, namun juga sistem absensi, pencatatan penjualan dengan menggunakan Software Toko dan masih banyak lagi.  Dan ini merupakan suatu hal yang wajar dalam dunia bisnis.

Komentar