Tips Saat Membeli Rumah Pertama Kali

Kontraktor Bangunan Rumah

Membeli rumah adalah suatu kewajiban finansial untuk semua orang yang sudah bekerja dan berkeluarga. Membangun rumah tempat tinggal mungkin merupakan pengeluaran terbesar dalam kehidupan seseorang. Betapa tidak? Anda harus menyisihkan sebagian besar gaji selama bertahun-tahun untuk akhirnya dapat membeli tanah, menggunakan jasa bangun rumah yang meliputi tukang bangunan dan arsitek, dan membeli peralatan yang ada. The first time is always the hardest memang benar adanya karena pasti Anda cenderung tidak siap karena baru pertama kali memiliki rumah sendiri. Simak tips-tips dibawah ini agar Anda tidak kewalahan saat baru membeli rumah!

1. Mengabadikan setiap Momen
Abadikan setiap momen yang ada. Terutama bila Anda sudah memiliki keluarga sendiri saat membeli rumah untuk pertam kalinya. Akan ada saatnya kelak foto tersebut menjadi kenangan manis yang menjadi bukti tonggak kesuksesan Anda. Anda bisa memilih untuk menyimpannya di file komputer atau memajangnya sebagai penghias dinding dalam rumah.

2. Mengurus Asuransi
Mengurus asuransi sangatlah penting guna menghindari kejadian yang tidak diinginkn seperti rumah terbakar, didatangi maling, dan musibah lainnya. Selain itu, asuransi juga penting untuk mencegah ada yang mengaku-ngaku sebagai pemilik rumah Anda, karena asuransi sifatnya sah dan legal secara hokum, maka akan mengikat dan memastikan Anda memang pemilik sah rumah tersebut.

3. Beradaptasi dengan Lingkungan Baru
Pindah dari tempat tinggal lama ke lingkungan yang berbeda dan sangat baru dapat menyulitkan Anda. Terdapat kesalahan cara adaptasi sedikit saja berpotensi membuat Anda tidak betah tinggal di rumah yang pertama kali Anda beli. Sesuaikan diri Anda agar merasa nyaman di lingkungan baru. Misalnya Anda berasal dari tempat yang lebih panas lalu akan pindah ke rumah baru di daerah dingin, sediakan selimut dan pakaian tebal agar fisik Anda dapat menyesuaikan diri dengan cuaca baru.

4. Mengganti Kunci
Ketika baru pertama kali pindah ke rumah baru, hal yang harus Anda jadikan prioritas adalah mengganti seluruh kunci pintu dan jendela yang ada. Bukannya menyarankan untuk selalu curiga terhadap tukang bangunan yang telah membantu membangun rumah impian Anda, namun tidak ada salahnya untuk menekan kemungkinan buruk sekecil mungkin, bukan?

5. Memeriksa secara Keseluruhan
Periksa seluruh bagian rumah, dari dalam sampai ke luar, dari atas sampai ke bawah. Pemeriksaan ini mencakup pengecekan air, listrik, furniture, kekuatan bangunan, dan pemeriksaan lain. Pastikan rumah baru Anda berada dalam kondisi layak huni sebelum Anda benar-benar menempati rumah tersebut guna menghindari kecelakaan yang dapat terjadi bila ternyata rumah masih dalam kondisi belum layak huni.
Pastikan gas kompor dan oven bekerja sebagaimana mestinya, pastikan lampu-lampu yang ada menyala sempurna, dan pastikan tidak ada peralatan listrik yang berdempetan dengan air agar tidak terjadi korslet atau yang lebih parah lagi – kebakaran.

Apabila Anda telah melakukan kelima langkah tersebut, rumah Anda barulah bisa dikatakan sebagai istana untuk Anda dan keluarga. Namun, tetap rawat dan awasi segala sisi rumah Anda agar tetap bekerja sebagaimana mestinya. Lakukan perawatan rumah secara rutin dan ubah suasana rumah setidaknya tiga tahun sekali agar Anda tidak merasa bosan berlama-lama di dalam rumah.

Komentar