Ragam Sajian Kuliner untuk Kenduri dari Sasa Santan Kelapa

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

Minggu lalu, suami saya berencana mengadakan acara syukuran marhaban si bujang. Maklumlah, anak pertama, jadi disayang banget. Tapi, karena keterbatasan dana, saya dan suami bersepakat untuk membuat acara kenduri kecil-kecilan saja. Hanya mengundang beberapa tetangga dan sanak keluarga untuk acara makan-makan ini. Bisa dibilang sangat sederhana. 

Nah, untuk acara itu, saya memasak berbagai makanan. Salah satunya adalah opor. Karena saya sendiri sebenarnya belum boleh kerja berat karena belum lama lahiran, jadi saya menggunakan Sasa Santan Kelapa sebagai santannya. Soalnya jika harus memarut dan memeras sendiri, saya membutuhkan waktu lebih banyak dan tenaga ekstra juga. 

Ayam yang sudah dipotong-potong saya rebus terlebih dulu sebelum dicampurkan ke dalam bumbu halus. Untuk bumbu halusnya sendiri terdiri dari berbagai macam bumbu dapur dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, jintan, kemiri dan lainnya. Bumbu itu nantinya ditumis lalu dimasukkan ayam yang sudah direbus. 

Opor Ayam Santan Sasa

Terakhir, saya pun memasukkan santan kelapa andalan saya pada bumbu dan ayam tersebut. Masak dengan api sedang dan aduk agar santannya tidak pecah. Nah, bicara soal santan, selain sangat praktis, tak perlu mengolah kepalanya terlebih dahulu, saya menggunakannya karena alasan lain juga. Istri zaman sekarang memang harus lebih jeli bukan?  

Santan kelapa dari Sasa ini sangat serbaguna. Nanti, selain membuat opor, saya juga akan membuat agar-agar santan sebagai pencuci mulut dan santan instan inilah yang akan jadi bahannya. Selain untuk acara kenduri seperti ini, kadang saya juga membuat berbagai masakan lain seperti sayur lodeh atau campuran sambal mengunakan santan instan ini. 

Saya tak ragu kok untuk memakan makanan olahan dari santan instan ini bahwan sewaktu hamil dulu. Kenapa? Itu karena santan instan ini aman. Tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh dan janin saya. Bahkan kandungan dari santan kelapa ini dipercaya baik untuk kelancaran masa kehamilan.   
Rasanya juga enak. Sama sekali tidak ragu saya katakan bahwa rasanya sama seperti santan yang baru diperas. Aromanya juga tidak berbeda sama sekali. Ini juga alasan saya memilih santan instan ini sebagai pilihan. Anda juga bisa menggunakannya di rumah, lho. Tak perlu ragu jika santan ini berbahaya. 

Untuk menu kedua, saya menggunakan agar-agar plain sebagai bahannya selain santan. Caranya, tinggal campurkan santan kelapa instan itu dalam wadah dengan agar-agar. Beri rasa dan warna yang diinginkan. Kalau saya, menggunakan warna kuning dengan rasa mangga. Saya juga meletakkan potongan mangga di dasar cetakan. 

Meski memasak sendiri untuk acara si bujang ini, nyatanya tidak membuat saya terlalu lelah, lho. Itu karena bantuan dari santan dalam kemasan yang bisa dipakai untuk apa saja. Saya tak bisa membayangkan seperti apa saya jadinya kalau tak ada santan instan ini. Bisa-bisa saya kecapaian dan malah jadi sakit. 

Lagipula, dengan bantuan Sasa Santan, Aslinya Santan ini, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Saya masih bisa membantu suami saya membersihkan rumah untuk acara tersebut. Masih pula bisa mengasuh bayi saya yang sebenarnya sangat penurut itu. 

Tertarik menggunakan Sasa Santan Kelapa sebagai penolong yang sempurna di acara perjamuan seperti saya? Coba saja! Anda tak akan menyesal, kok! Dijamin sangat membantu dan rasa masakan yang dihasilkan tak akan berubah sama sekali.

Komentar